Dana Riset dan Konservasi

Kopi Sulingan ada untuk mendukung ‘desa ramah burung’ Jatimulyo. Kami telah menyisihkan sebagian keuntungan dari setiap penjualan produk Kopi Sulingan untuk dukungan terhadap kegiatan-kegiatan riset dan konservasi burung dan habitatnya di Jatimulyo, Kulonprogo. Dari dana riset dan konservasi yang terkumpul, sebagian telah digunakan; antara lain untuk: adopsi sarang burung, operasional survei dan pendataan burung, dukungan event/kegiatan, dan dukungan penelitian mahasiswa (3 penelitian). Total dana yang telah digunakan per Juli 2020 adalah sebesar Rp. 5.036.000,00.

Salah satu prioritas penggunaan dana tersebut adalah untuk dukungan penelitian mahasiswa. Kami masih membuka kemungkinan support pendanaan penelitian untuk skripsi, tesis, atau penelitian lapangan lainnya yang akan dilakukan di Jatimulyo. Kisaran dana dukungan penelitian dari Kopi Sulingan antara Rp. 500.000,00 – Rp. 1.500.000,00; disesuaikan dengan rencana penelitian yang akan dijalankan. Dana tersebut bisa digunakan untuk transportasi, akomodasi, dan kebutuhan lainnya selama pengambilan data di lapangan. Tema penelitian yang diharapkan antara lain:
-Burung, dengan prioritas pada kajian-kajian ekologi
-Biodiversitas, dengan prioritas: avertebrata, mamalia kecil, tumbuhan tingkat rendah, tumbuhan tingkat tinggi (penyusun hutan rakyat)
-Agroforestri, antara lain tentang biota hama, penyerbukan tanaman komoditas agroforest, dan sosial ekonomi masyarakat

Sila hubungi kami via email kopisulingan@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.