Outing Class SDN 1 Jonggrangan di Wanapaksi

by - September 27, 2023

 Penulis: Kasidi | Penyunting: Sidiq Harjanto

 

Rutinitas sehari-hari membuat badan menjadi terasa lelah dan letih. Namun, rasa lelah itu terobati setelah kedatangan tamu untuk bermain dan belajar bersama dengan teman-teman. Rabu, 27 September 2023, saya dan teman-teman yang tergabung dalam kelompok KTH Wanapaksi kedatangan tamu istimewa. 

Murid-murid SD Negeri 1 Jonggrangan menjadi tamu yang kami anggap istimewa. Selain datang untuk bermain, mereka kami undang ke sekretariat KTH Wanapaksi untuk belajar mengenali lingkungan alam sekitar kita. Outing class, begitu istilahnya.

 


Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program kegiatan tahunan KTH Wanapaksi dengan mengundang anak-anak usia sekolah sebagai penerus dalam upaya pelestarian lingkungan yang dijalankan teman-teman divisi konservasi. Sebanyak 70 peserta dari kelas IV, V, VI dan tiga orang guru pendamping yang kami undang.

Tepat pukul 08.00, diawali dengan sambutan oleh ketua KTH Wanapaksi dan perwakilan BKSDA Yogyakarta, lalu dilanjutkan dengan kegiatan di lapangan. Sebelum berangkat, tak lupa foto bersama dan pembagian kelompok terlebih dahulu. Selama perjalanan lapangan, anak-anak diberi pemahaman mengenai pentingnya sumber air, batuan kars, dan tumbuhan bagi kehidupan. Kami juga dibantu oleh teman teman mitra kami, Yayasan Kanopi Indonesia, guna memberikan pengetahuan yang lebih luas bagi anak- anak.

 


Setelah selesai di lapangan, perjalanan kembali ke sekretariat KTH untuk istirahat dan makan siang. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab yang berkaitan dengan hasil belajar lapangan. Hadiah diberikan kepada mereka yang aktif sehingga membuat anak-anak begitu ramai dan gembira. Selesai pada pukul 11.45 dengan doa penutup dan kembali ke Jonggrangan.

Foto dok. Supangat




You May Also Like

0 comments