Ultah ke-5 KTH Wanapaksi: Small is Beautiful!

by - December 02, 2023

Penulis: Sidiq Harjanto


Dalam magnum opus-nya, Small is Beautiful (1973), ekonom Ernst Friedrich Schumacher menyebutkan bahwa syarat pembangunan itu ada tiga: pendidikan, organisasi, dan kedisiplinan. Tanpa ketiga unsur ini, semua sumber daya belum dapat dimanfaatkan. Tetap terpendam, tetap merupakan potensi belaka.

Pembangunan itu sendiri mestinya serupa dengan proses evolusi. Sedikit demi sedikit, melalui mutasi-mutasi kecil. Tidak bisa serta merta atau sak dheg sak nyet. Dengan kata lain, pembangunan berikut tiga syarat pendukung tadi tidak bisa "meloncat". Dalam proses pelan ini, semuanya harus terinternalisasi oleh seluruh masyarakat, menjadi milik masyarakat. 

Meskipun kodrat pembangunan itu pelan, sebisa mungkin evolusi itu dipercepat. KTH Wanapaksi telah memberi kontribusi nyata pada percepatan 'evolusi pembangunan' itu. Dalam skala kecil yang unik, katakanlah lingkup desa. Barangkali seperti itu juga yang dibayangkan Schumacher, sesuai tesisnya, "kecil itu indah".

Wanapaksi telah menyediakan ruang belajar bagi masyarakat, menjadi wahana pengorganisiran rakyat, sekaligus melatih kedisiplinan kepada anggota-anggotanya. Tiga syarat dasar telah dipenuhi. Maka yakin saja, Wanapaksi bisa menjadi motor penggerak pembangunan yang sejati. Pembangunan yang seperti apa? Yang berwajah kemanusiaan, yang menempatkan rakyat sebagai subjek, dan tentu saja pembangunan yang bertanggungjawab terhadap alam.

Selamat ulang tahun, KTH Wanapaksi!

You May Also Like

0 comments